7 PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH SOUVENIR PERNIKAHAN


Sekalipun tak se-selektif saat memilih pasangan, memilih souvenir untuk moment pernikahan juga sangatlah penting. Maka, sangat selektif saat memilih souvenir pernikahan itu wajar!

Banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan souvenir yang tepat agar pagelaran pesta pernikahan menjadi spesial. Pertimbangan ini juga bisa berbeda-beda setiap orang. Ada yang mengedepankan soal budget, tema pernikahan, nilai kebermanfaatan/kegunaan, atau hal lainnya. Yang pasti keputusan terbaik adalah yang dihasilkan dari musyawarah kedua keluarga calon mempelai. 

Dalam kesempatan kali ini, Haimuna Souvenir ingin berbagi saran yang bisa jadi tepat menjadi solusi bagi sedikit kegundahan teman-teman dalam memilih souvenir pernikahan teman-teman nanti.

souvenirpernikahanhargadibawah3000, jualkipassouvenir, souveniryangbermanfaatdanmurah, anekasouvenirpernikahanmurah, souvenirpernikahancermin, souvenirpernikahanbermanfaatdanmurah, tempatlilinsouvenir, jenismobilmewahdanharganya, souvenirpernikahandompetmurah, mobilmewaharielnoah, hargamobilsyahrini, souvenirpernikahantalenankayu, jenissouvenirmurah, souvenirpernikahandibawah5000, mobilmewahraffiahmadterbaru, mobilrumahtermewahdidunia, souvenirpernikahanpalingmurah, souvenirseribuan, macam2souvenirunikdanmurah, undangandansouvenirpernikahanunikdanmurah

Souvenir Gunting Kuku



1.    Jika Nilai Kebermanfaatan adalah pertimbangan utamanya

Bagi teman-teman yang Muslim (ah) salah satu souvenir yang kami rasa paling tepat ialah Al-Matsurat. Dalam ajaran Islam, dzikir merupakan salah satu hal yang utama. Dan Al-Matsurat ini mencakup dzikir/doa yang diajarkan sesuai dengan kaidah Islam. Sehingga barangsiapa mengamalkannya atau katakanlah siapa saja yang menjadi penyebab atau siapa saja yang menyediakan sarana untuk berdzikir, insyaAllah dia juga akan mendapatkan nilai pahala yang setara. Tentunya pahala ini sama dengan siapa saja yang mengamalkan bacaan dzikir dalam Al-Matsurat. Jadi..sangat bermanfaat kan? Tambah berkah deh pernikahanmu...^ ^. Di satu sisi souvenir Al Matsurat ini dalam pengirimannya tidak perlu khawatir akan terjadinya kerusakan sebagaimana halnya souvenir lain seperti pecah belah atau souvenir lain yang berbahan mudah patah. 

Souvenir lainnya yang bisa menjadi rekomendasi berkaitan dengan nilai kegunaan/kebermanfaatan ialah kalender abadi. Sebab souvenir ini memiliki nilai manfaat yang panjang dan bersifat seterusnya. Namanya kalender abadi, sehingga bisa memiliki nilai ekonomis sepanjang tahun. Souvenir kalender abadi umumnya terbuat dari bahan kayu yang tahan lama. Bisa diganti-ganti setiap hari secara manual dari tanggal bulan dan tahunnya.

2.    Jika Budget menjadi pertimbangan utama 

Tidak bisa dipungkiri jika event sekelas pernikahan juga tidak bisa lari dari persoalan budget. Bagi mereka yang memiliki tabungan atau anggaran banyak untuk budget ini tidak ada masalah. Akan tetapi untuk yang memiliki anggaran terbatas? Maka dia harus pandai-pandai dalam memanage anggaran tersebut termasuk harus bijak dalam menentukan souvenir yang akan menjadi pilihan dalam melengkapi pagelaran pernikahnnya. Berikut beberapa souvenir yang bisa menjadi referensi untuk budget minimal kualitas maksimal :
a.    Gunting Kuku
b.    Cermin
c.     Gantungan Kunci
d.    Centong
e.    Alas Gelas
f.     Pembuka Botol
g.    Alat Pengupas Wortel
h.    Bross Jilbab Rajut

3.    Jika Tema Pernikahan menjadi pertimbangan utama

Sedangkan jika tema pernikahan menjadi pertimbangan pemilihan souvenir, maka pilihan souvenirnya akan spesifik. Yakni sangat tematik dan sesuai dengan konsep pernikahan yang diusung oleh kedua belah pihak. Beberapa contoh souvenir pernikahan yang dipilih berdasarkan tema seperti halnya tema rustic yang sedang hits belakangan ini. Rustic adalah sebuah konsep yang mengedepankan nilai kuno, penuh seni dan klasik. Contohnya seperti sendok garpu rustic, centong rustic, sumpit rustic dan berbagai pilihan souvenir yang dikemas rustic. Ciri khas kemasan rustic seringkali menggunakan kain goni, tali rai, kertas ucapan warna cokelat klasik dan bunga edelweiss. 

Tema lainnya selain rustic yang bisa diangkat oleh para calon pengantin adalah tema pernikahan islami. Tentunya pilihan souvenir pernikahan akan disesuaikan dengan tema yang islam dan syari. Pilihan seperti halnya jadwal waktu shalat abadi,tasbih, buku doa sehari-hari, sajadah kecil dan lainnya. Sedangkan tema pernikahan lainnya yang seringkali masih banyak digunakan masyarakat kita adalah bertema Jawa tradisional. Mulai dari riasan, baju pernikahan hingga dekorasi tentu akan menggambarkan budaya Jawa. Maka pilihannya yang bisa diambil untuk souvenir pernikahan seperti halnya gerabah berbentuk Loro Blonyo. Lainnya bisa berupa miniatur keris, blankon bahkan syal batik bisa menjadi pilihan.

4.    Jika Long Lasting Manfaat (Manfaat Abadi selamanya) Menjadi Pertimbangan

Salah satu prinsip dalam Islam adalah tidak berlebih-lebihan dalam penyelenggaraan acara walimah atau pesta pernikahan. Sebab boros atau berlebihan merupakan hal yang tidak disukai oleh Allah dan termasuk perilaku syetan. Calon pengantin yang ingin menggunakan prinsip ini tentu sangat mengelola anggaran dalam undangan pernikahan dan souvenir. Sebab dua hal ini yang secara adalah pos anggaran yang bisa dikelola sesuai dana yang ada. Maka, selain ada prinsip bermanfaat ada juga nilai manfaat yang bersifat Long Lasting. Long Lasting adalah nilai kebermanfaatan yang bersifat jangka panjang bahkan eternal atau abadi. Maka pilihan souvenir pernikahan semacam kalender abadi dari kayu, dan kalender shalat abadi bisa menjadi pilihan. 

5.    Jika Produk Spa (Beauty Treatment ) Menjadi Pertimbangan

Pilihan souvenir pernikahan bisa dibilang tidak ada batasan. Selagi tidak melanggar nilai dan norma juga memiliki budget untuk membelinya, semua bisa menjadi opsi souvenir pernikahan. Seperti halnya untuk jenis souvenir yang bertema feminim atau wanita banget. Bisa jadi hal ini diinspirasi oleh latar belakang profesi calon pengantin wanitanya. Contohnya adalah souvenir seperti sabun herbal, aromatherapy, lulur badan, masker, ratus dan masih banyak hal. Jenis-jenis souvenir tersebut adalah untuk konsep spa atau beauty treatment yang menjadi pertimbangan. Backround sebagai beauty blogger atau beauty consultant bisa memilih inspirasi souvenir di atas untuk membuat pernikahannya makin berkesan. 

6.    Jika Green Life (tema hijau )atau Save Global Warming Menjadi Pertimbangan

Nah, kali ini pertimbangan pemilihan souvenir pernikahan cukup antimainstream. Sebab, tidak banyak calon pengantin yang akan memilih jenis souvenir seperti ini. Bisa jadi mereka adalah para aktifis pecinta lingkungan maupun mereka yang concern dalam lingkungan hidup. Adalah tema hijau dan menjaga lingkungan dari pemanasan global menjadi isu yang diangkat dalam tema souvenir kali ini. Souvenir pernikahan berupa bibit tanaman atau bibit sayur bisa menjadi pilihan. Ada seed sayur bayam, seed cabai, seed tomat hingga seed bunga matahari. Pilihan tanaman jadi yang sudah tumbuh berupa tanaman kaktus dan lainnya. Tema hijau bisa sekaligus menjadi pesan untuk semakin mencintai dan menjaga lingkungan hidup.

7.    Jika Undangan Menyatu Dengan Souvenir Menjadi Pertimbangan

Wow, jenis pertimbangan souvenir terakhir kali ini bisa dibilang super duper hemat. Betapa tidak,undangan dan souvenir yang diberikan sudah menjadi satu konsep. Ya benar, undangan yang diberikan kepada tamu sudah berupa souvenir pernikahan sekaligus. Biasanya dipilih juga yang punya nilai manfaat untuk digunakan sehari-hari. Apa saja contoh souvenir pernikahannya ya?. Ada setidaknya tiga contoh souvenir pernikahan yang bisa dibilang two in one. Yakni undangan telenan, undangan kipas, dan undangan tas flanel. Undangan yang ada diterapkan di masing-masing souvenir dan berarti diberikan ke tamu di awal ketika menyebarkan undangan tersebut. Two in One itu tadi berarti dua kebutuhan yang menyatu dan memiliki nilai guna yang lebih sekaligus bisa menghemat anggaran pernikahan. 

Okay, sudah sangat jelas penjabaran beberapa pertimbangan para calon pengantin dalam menentukan souvenirnya. Bisa jadi salah satu poin tadi menjadi inspirasi bagi kalian calon pengantin yang sedang bingung memilih souvenir pernikahan. Selamat memilih dan ambil pertimbangan sesuai dengan kondisimu saat ini. Kunjungi IG Haimuna Souvenir untuk memilih souvenir impianmu.

No comments: