Tips Agar Hemat Dalam Penyelenggaraan Pesta Pernikahan

Tips Agar Hemat Dalam Penyelenggaraan Pesta Pernikahan

Tips Agar Hemat Dalam Penyelenggaraan Pesta Pernikahan. Siapa sihh yang gak mau menyelenggarakan pesta pernikahan, pesta yang akan dihadiri oleh kerabat dan sahabat. Apalagi pesta yang diselenggarakan sangat berkesan untuk dikenang pasti sangat menyenangkan bukan?. Terutama ketika kita bisa melaksanakan pesta pernikahan sesuai dengan impian. Wah, bakalan jadi moment tak terlupakan seumur hidup, apalagi menikah dengan si dambaan hati.

Namun dalam mempersiapkan semuanya tentu saja akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Biaya untuk sewa gedung, gaun pengantin, catering, jasa fotographer, membuat surat undangan, membeli souvenir pernikahan dan persiapan lainnya. Apalagi ketika kita akan mengundang banyak tamu tentu semuanya harus dipersiapkan jumlah catering dengan cukup banyak. Pastikan biaya pernikahan ini sudah disediakan jauh-jauh hari agar tidak meninggalkan sisa hutang setelahnya.

Mungkin kamu mengira bahwa pernikahan merupakan akhir dari mencari pasangan. Tapi ternyata pernikahan merupakan hidup awal bersama pasangan. Maka hendaklah bijak dalam mengangarkan dan untuk sebuah pesta pernikahan. Sebab, setelah menikah, kita bakalan butuh dana untuk kehidupan dan juga kebutuhan. Sehingga, butuh skill untuk bisa menghemat anggaran pernikahan agar tidak memberatkan kita.

haimuna, haimunasouvenir, souvenirhaimuna, budgetmenikah, tabunganpernikahan,hematpernikahan, pernikahanhemat
Tips Hemat Biaya Pernikahan

1.      Gunakan undangan online
Dengan seiring berjalannya kemajuan teknologi yang mempermudah jangkauan maka menggunakan undangan online bisa mengurangi beban biaya yang akan dikeluarkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan yang cukup banyak untuk menyetak undangan ini. Tetapi jika ingin menggunakan undangan fisik, cetaklah untuk diberikan kepada kerabat terdekat yang harus dihormati. Dan mintalah softcopy file undangan yang akan disebarkan secara online.

Undangan online juga pilihan yang tepat jika kita ingin memberikan kepada sahabat atau keluarga yang jauh. Apalagi di saat pandemic covid19 ini, undangan online jauh lebih pas dan dibutuhkan. Sudah banyak vendor yang menyediakan undangan online untuk clientnya.

2.      Kurangi jumlah tamu yang akan diundang
Undanglah keluarga dan kerabat dekatmu, dengen mengundang keluarga dan kerabat dekat akan membuat moment pernikahanmu berkesan. Daripada kamu mengundang banyak orang dan orang tersebut tidak dekat denganmu pasti kamu akan merasa asing di hari pernikahanmu sendiri. Pernikahan merupakan acara yang penuh dengan keakraban, maka dari itu kamu tidak perlu mengundang banyak orang.

Pilihlah keluarga dan sahabat yang memang tepat untuk diundang. Sebab, jika merencanakan untuk mengundang semua yang kita kenal, bakalan banyak sekali. Hal ini menyebabkan tamu tak terbendung dan kita harus menyiapkan menu catering berlebih.

3.      Manfaatkan keterampilan teman dekatmu
Dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki oleh teman dekatmu, tentu saja kamu akan mendapatkan harga teman yang jauh lebih murah tentunya. Misalnya temanmu ada yang menjadi MUA dan fotographer gunakanlah jasa dari mereka untuk menghemat biaya.  

Gunakan jejaring atau rekanan dari sahabat kita yang kiranya bisa menjadi vendor pernikahan. Seperti halnya dalam mengemas seserahan dan sejenisnya, daripada menyewa dan menggunakan jasa orang lain. Hitung-hitung kita membantunya menyalurkan bakat terpendam.

4.      Meminimalisir anggaran biaya souvenir
Souvenir pernikahan memang tidak wajib untuk diadakan, namun rasanya tidak pas jika di pesta pernikahanmu tidak mempersiapkan souvenir. Semakin kesini souvenir pernikahan sangat kreatif seperti tanaman hias atau bibit tanaman. Namun itu semua akan mengeluarkan banyak biaya, maka hendaklah memilih vendor souvenir yang menawarkan harga terjangaku.  

Souvenir pernikahan unik yang terjangkau saat ini banyak sekali pilihannya. Salah satunya adalah jenis souvenir pernikahan rustic yang disediakan oleh Haimuna souvenir. Rustic juga mengandung pesan cinta lingkungan yang membuat para tamu lebih terinspirasi.

5.      Memilih hari kerja dan waktu yang tepat
Dengan memilih hari kerja untuk menyelenggarakan pesta pernikahanmu, akan menghemat biaya pernikahanmu. Pasalnya di hari kerja biaya sewa gedung jauh lebih murah ketimbang harga sewa gedung diakhir pekan. Selain itu memilih waktu yang tepat untuk resepsi pernikahanmu akan sedikit mengurangi biaya catering.  

6.      Memilih menu makanan yang umum.
Sebaiknya tidak memilih makanan yang tidak umum, karena jenis makanan tersebut belum tentu bisa dikonsumsi oleh tamu yang datang. Pilihlah menu makanan umum seperti nasi dengan lauk pauknya yang sudah tidak asing bagi orang lain. Karena dengan memilih menu makanan yang sudah cukup umum maka akan mengurangi biaya catering dan makanan tidak terbuang sia-sia.

7.      Menyewa baju pengantin
Dengan memilih untuk menyewa gaun pengantin itu akan memangkas anggaran biaya pernikahanmu. Pasalnya jika kamu memilih menjahit baju sendiri tentu akan mengeluarkan biaya untuk membeli bahan serta ongkos menjahitnya. Lagipula baju pengantin hanya akan digunakan sekali pada saat pesta pernikahaan belangsung. Hal ini akan sangat menghemat biaya dan alokasi budget pernikahan.

8.      Konsep pernikahan outdor
Dengan memilih konsep outdoor kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa gedung dan mengeluarkan biaya dekorasi gedung. Dengan memanfaatkan halaman rumah, dan property yang digunakan unik itu tidak akan mengurangi kesan mewah pernikahanmu. Apalagi kamu punya teman yang hobi dibidang seni tetunya ini sangat membantu.

9.      Gunakan cincin warisan
Cicin pernikahan merupakan suatu tanda pernikahan yang penting, meski begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk cincin tersebut. Dengan menggunakan cicin warisan selain lebih murah terdapat nilai kenangannya juga. Sehingga nilai filosifnya dan ekonomisnya bisa didapatkan.

10.   Dekorasi pelaminan yang minimalis
Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, dekorasi masa kini pun terlihat lebih simple namun elegan dibanding dengan dekorasi tradisional. Dekorasi yang minimalis bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mendekorasi pelaminan sendiri daripada harus menyewa jasa dekorasi.
Dekorasi berkonsep rustic dan minimalis saat ini menjadi favorit dan banyak disukai. Sebab, dekorasi biasanya membutuhkan budget yang tidak sedikit, padahal hanya dipakai setengah hari.

11.  Tidak menggunakan acara tradisi
Dengan menggelar acara tradisi ini sebtulnya hanya sebatas saran saja. Menikah dengan menggunakan tradisi dari masing-masing daerah tidak hanya mekan waktu melainkan juga biaya. Cukuplah menyelenggarakan pesta pernikahan dengan sederhana yang disahkan secara agama dan hukum.

Menikah bukanlah ajang bermewah-mewahan, karena setelah menikah biaya yang akan digunakan pasti jauh lebih banyak. Maka dari itu bijaklah dalam memilih pesta pernikahan. Pesta pernikahan tidak perlu diselenggarakan dengan menyewa gedung untuk kapasitas ribuan orang, mengenakan gaun pernikahan yang harganya sangat mahal. Dengan mengadakan pernikahan yang sederhana tapi menjadi moment yang sangat berkesan bagi keluarga dan kerabat.

Pada intinya pesta pernikahan tidak perlu terlalu mahal dan mengeluarkan cukup banysk uang. Gunakan kreativitas untuk menyelenggarakan pesta pernikah yang berkesan tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Jika membutuhkan referensi berkaitan dengan souvenir pernikahan murah, bisa menghubungi Haimuna souvenir. Kami menyediakan souvenir pernikahan unik mulai dari harga tiga ribuan. Hubungi hanya di Haimuna souvenir 082370807979 atau di IG : @haimuna_souvenir.

No comments: