7 TIPS MENGELOLA DAN MENGHEMAT BIAYA PERNIKAHAN



     Menikah adalah fase membahagiakan yang paling ditunggu oleh setiap orang yang sudah menemukan tambatan hatinya. Pernikahan adalah momen sakral yang melibatkan dua keluarga besar dan sekaligus menjamu banyak tamu undangan dari rekanan, sahabat dan lainnya. Tentu saja, pernikahan yang harapannya hanya sekali dilakukan seumur hidup ini harus berjalan dengan kesan yang baik dan terkenang. Segala persiapan dan tetek bengeknya memang butuh banyak waktu dan juga anggaran. Nah, karena itu butuh untuk disiapkan dengan baik dan cukup waktu untuk memesan rangkaian dan komponen-komponen pernikahannya. Tentu dalam hal ini dibutuhkan kemampuan untuk bisa mengelola waktu persiapan sekaligus budget yang tepat agar tidak kebobolan alias memakan banyak anggaran. 

       Kira-kira dibutuhkan setidaknya minimal dua hingga tiga bulan lamanya untuk persiapan menuju pernikahan ini. Sedangkan untuk budget pernikahan ini sebenarnya sangat relatif sesuai dengan kebutuhan dan konsep pernikahan yang diinginkan. Jika kita mengundang banyak tamu dan menggunakan konsep yang mewah pasti akan memakan anggaran yang jauh lebih besar. Jika budget terbatas, konsep yang diusung bisa dipilih yang sederhana dan tentu jumlah tamu undangan juga dibatasi. Maka 30 hingga 50 juta sudah cukup untuk menyelenggarakan jenis pesta pernikahan sederhana tersebut. Apalagi jika kita mesti mendata detail apa saja komponen dan kebutuhan untuk pesta pernikahan. Mulai dari rias, gaun pernikahan, meja kursi dan tenda, dekorasi pelaminan hingga catering pernikahan. Lainnya adalah semacam buket bunga, photo corner, juga souvenir pernikahan adalah hal-hal yang tidak urgent. Sehingga kita bisa mengelolanya dengan memilih jenis souvneir yang murah dan bermanfaat. Hal ini dimaksudkan agar budget bisa ditekan dan rencana pernikahan tetap berjalan lancar. Yuks apa saja tips mengelola dan menghemat biaya pernikahan yang bisa dijadikan acuan untuk kalian para calon pengantin. Checkitdot

jualgelassouvenir, contohsouvenirmurahmeriah, souvenirpernikahansisirplastik, jualsouvenirgelas, souvenirelegandanmurah, agensouvenirpernikahanmurah, souvenirpernikahanmurahunikdanbermanfaat, souvenirpernikahanmewahdanmurah, jualaksesorispernikahan, souvenirkawinanmurah, jualcinderamatapernikahan, souvenirmangkokkeramikmurah, kipassouvenirwedding, jualbelisouvenir, contohsouvenirpernikahanunikdanmurah, souveniryangunikdanbermanfaat, souvenirkacasisir, fotosouvenirpernikahanmurah, souvenirtalenankayumurah, undangansouvenirpernikahanunik

Souvenir Unik Murah Bermanfaat



      1. Tentukan Konsep Pernikahan Sesuai Budget Yang Direncanakan

Mencoba menganalisis dan merencanakan budget pernikahan akan membantu kita mengelola biaya pernikahan. Sehingga alokasi anggaran yang dilakukan akan sesuai budget yang ada. Budget pernikahan yang ditentukan di awal akan memberi batasan dan kontrol yang baik agar tidak ada pembengkakan biaya. Menghemat biaya pernikahan  adalah dengan mengalokasikan biaya sesuai rencana. Tidak perlu ditambah dengan fasilitas lainnya agar tidak boros dan melenceng dari konsep awal. Konsep pernikahan dengan budget 50 juta pasti akan beda dengan yang dianggarkan 75 juta.

      2. Rencanakan Waktu Jauh Hari Setidaknya 3 Bulan Sebelum Pernikahan

Menggunakan waktu persiapan sebaik mungkin akan menunjang lancarnya pesta pernikahan. Sebab bagi yang ingin menikah, bulan ke bulan menjadi sangat cepat berlalu rasanya. Menggunakan waktu persiapan bisa dimanfaatkan untuk menentukan konsep, hingga memilih vendor dan mengeksekusi pemesanan di komponen pesta pernikahan. Buat list yang harus dilakukan setiap pekannya dan juga bentuk tim khusus untuk mengerjakan even ini. Jika tidak, misalnya kita memilih Wedding Organizser, pastikan juga kita ikut terlibat dalam beberapa hal penting termasuk konsep dan juga memantau prosesnya.

      3. Urutkan Prioritas Yang Paling Penting Untuk Didahulukan dan Disertakan

Prioritas apa saja yang akan dikerjakan pasti dikaitkan dengan vendor-vendor yang harus dihubungi. Setidaknya ada sekitar 7 vendor yang terlibat dalam proses pesta pernikahan jika kita menyelenggarakannya sendiri. Vendor tersebut mulai dari jasa cetak undangan, gedung, catering, gaun dan rias pengantin, photography, tenda dan kursi serta dekorasi. Hingga yang tak kalah penting adalah jasa penyedia souvenir pernikahan yang murah unik dan bermanfaat. Poin yang prioritas untuk diselesaikan di awal adalah pemilihan gedung pernikahan dan juga memilih konsep undangan yang akan kita pakai. Selanjutnya nanti disesuaikan dengan urutan lainnya yang cukup mendesak untuk dihubungi seperti catering dan jasa penyedia souvenir pernikahan. Sebab, seringkali dibutuhkan setidaknya satu hingga dua bulan untuk memproduksi souvenir pernikahan yang murah unik dan bermanfaat.

      4. Gunakan Jasa Vendor Pernikahan Dari Rekanan Terdekat

Memiliki rekanan yang mempunyai jasa vendor pernikahan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akan memiliki keuntungan. Setidaknya kita bisa mendapatkan harga yang spesial sehingga bisa mengelola dan menghemat budget pernikahan. Harga untuk teman biasanya akan diberikan diskon khusus sehingga selisihnya bisa kita alokasikan untuk keperluan lainnya.

      5. Pertimbangkan Untuk Menyewa Paket Gaun Pernikahan Daripada Membuatnya

Menyewa dan membuat sebuah gaun pernikahan pasti ada bedanya dari segi biaya. Sebab, untuk membuat gaun dan jas pernikahan dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Dan dalam penggunaanya juga hanya akan digunakan satu kali saja. Sehingga, manfaatkan jasa sewa gaun pernikahan untuk kita ambil dalam rangka menghemat biaya pernikahan. Biasanya gaun pernikahan  sudah disediakan satu paket dengan rias dan dekorasi. Nah, menggunakan jasa paket rias lengkap ini tentu lebih murah dibandingkan dengan menyewanya satu persatu.


Selanjutnya, memilih jenis souvenir pernikahan ini juga cukup memakan banyak waktu. Sebab, kita akan dihadapkan pada budget souvenir pernikahan dan juga selera. Apalagi jika kita membutuhkan konsultasi dengan beberapa pihak. Biasanya calon suami dan juga kelaurga besar cukup menjadi partner diskusi dalam penentuan souvenir pernikahan ini. Souvenir pernikahan yang murah, unik dan bermanfaat ada banyak sekali ragamnya. Tinggal kita memilih jasa penyedia souvenir pernikahan seperti HAIMUNA SOUVENIR yang ada di Jogja. Selebihnya konsultasikan dengan admin dan tanyakan ongkos kirim serta lama pembuatan nya. Pilih setidaknya tiga bulan sebelum pernikahan agar souvenir ini bisa siap dan sudah dikirim jauh-jauh hari sebelum pesta. Kebanyakan wanita atau calon pengantin wanita yang berurusan dengan souvenir sebab wanita lebih jeli. Selain itu juga, pesat pernikahan diadakan di pihak keluarga pengantin wanita sehingga mereka yang memilihkan souvenirnya.

      7. Batasi Jumlah Undangan Karena Tidak Semua Kenalan Harus Hadir di Pernikahan Kita

Benar sekali, dengan membatasi jumlah tamu undangan yang hadir otomatis akan bisa menghemat biaya pernikahan. Sebab, catering merupakan jenis komponen biaya pernikahan yang cukup tinggi. Mengalokasikan anggaran untuk catering biasanya untuk aman nya adalah dengan melipatgandakan hingga tiga kali. Sebab, tamu undangan seringkali mengajak serta pasangan serta anaknya untuk menghadiri sebuah peseta pernikahan. Tidak semua yang kita kenal harus hadir dalam pesta pernikahan kita. Sebab adakalanya mereka terbatas oleh jarak dan waktu sehingga hanya bisa memberi ucapan selamat menempuh hidup baru dari jauh.

Demikian ada tips mengelola dan menghemat biaya pernikahan yang bisa dijadikan acuan calon pengantin. Kesemuanya adalah tentang alokasi anggaran sesuai kemampuan dan pemilihan konsep yang sesuai budget. Selain itu yang cukup membantu adalah dengan memilih souvenir pernikahan yang tepat. Souvenir yang unik, murah dan bermanfaat akan cukup memberi kesan tanpa menghamburkan banyak biaya. Salam Pernikahan..

No comments: