10 KOMPONEN JASA VENDOR UNTUK PENYELENGGARAAN EVENT PERNIKAHAN, NO 7 BISA MENYESUAIKAN BUDGETMU



Menikah sebagai fase yang cukup penting dalam kehidupan seseorang memang harus dipersiapkan dengan baik. Rangkaian menuju pernikahan kita akan melewati beberapa proses seperti halnya lamaran / khitbah, seserahan, akad serta pernikahan. Bagi pihak wanita tentu pernikahan akan menjadi momen yang cukup menguras energi dan tentunya budget. Sebab, khususnya di Jawa, penyelenggara pesta pernikahan ada di pihak mempelai wanita. Sehingga, sebelum kalian benar-benar akan menikah, setelah menemukan jodoh yang diyakini maka segeralah bersiap dengan budget. Nah persiapan budget menikah ini bisa dilakukan jauh-jauh hari dengan cara menabung dan investasi. Setidaknya untuk jenis pesta pernikahan yang paling sederhana kita membutuhkan paling tidak sekitar 35 juta rupiah. Syukur bisa ketemu vendor pernikahan yang murah (temen sendiri ini mah vendornya..hehe..). Batasan paling mahal berapa?. Tentu tidak ada batasan maksimal ya karena besaran budget menikah bisa dimaksimalkan sesuai kebutuhan tamu yang diudang dan mau seberapa mewah  pestamu. 

Tetapi, setidaknya jangan menghamburkan banyak uang di even yang harapannya hanya berjalan sekali seumur hidup ini ya guys. Untuk budget menikah yang cenderung pas dan tepat dengan tamu sekitar 350 orang hingga 500 orang kita bisa menyiapkan budget 50 hingga 75 juta rupiah. Untuk apa saja kah budget pernikahanmu itu?. Simak nih setidaknya ada 10 komponen jasa atau vendor untuk kebutuhan pesta pernikahan yang harus dikelola. Yuk kita breakdown satu per satu.

#souvenirbantalmurah #souvenirkhitananlucu #souvenirmurahdanbermanfaat #tassouvenirulangtahunanakmurahmeriah #agensouvenirpernikahan #kartuucapanterimakasihsouvenirpernikahan #souvenirharga5000 #undangan3d #undanganpernikahanbiasa #contohkartuucapansouvenirpernikahan #pasarsouvenirmurah #souvenirharga2000 #undangannikahcdr #suppliersouvenirpernikahan #grosirgelas #hargasouvenirmangkokkecil #undanganpernikahanpolos #undanganpernikahanbataktoba #pusatsouvenirpernikahan #cinderamatamurah



1.       GEDUNG / TEMPAT AKAD DAN RESEPSI
Nah, venue atau tempat untuk berlangsungnya acara akad beserta resepsi pernikahan ini bisa ditentukan di awal. Penentuan tempat apakah akan di gedung, di rumah saja atau di masjid untuk penyelenggaraan acara, bisa dibahas dengan keluarga. Apabila konsep yang ada sederhana kita bisa menggunakan halaman rumah untuk pesta pernikahan. Sedangkan jika jumlah tamu yang diundang cukup banyak, dan membutuhkan area parkir yang luas maka sewa gedung bisa dipilih. Anggarkan budget dari 4 hingga 5 juta untuk sewa gedung ini.

2.       JASA CATERING
Memilih jasa catering untuk pesta pernikahan, bisa dilakukan jauh-jauh hari ketika kita sudah menentukan tanggal menikah. Sebab catering ini merupakan komponen yang cukup penting dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Jangan sampai menu yang disediakan kurang enak rasanya dan juga kirang jumlahnya. Sehingga ada beberapa tamu yang tidak kebagian. Maka, caranya adalah lipatkan dua hingga dua setengah kebutuhan catering ini dari jumlah tamu undangan. Sebab biasanya para tamu akan membawa serta pasangan dan keluarga untuk menghadiri acara seperti ini.

3.       RIAS PENGANTIN DAN SEWA GAUN PERNIKAHAN
Jasa rias pengantin juga penting sekali untuk segera dipilih dan dicari sesegera mungkin. Rias pengantin ini akan sangat menentukan tampilanmu ketika di even sakral nikahnmu nanti. Pilih saja paket yang sudah lengkap dengan baju pernikahan dua mempelai. Biasanya mengambil paket harga yang sudah lengkap ini akan lebih murah.

4.       DEKORASI PERNIKAHAN
Dekorasi pernikahan ini bisa kalian pilih setelah selesai menentukan konsep pernikahan. Nah, konsep pernikahan biasanya dipengaruhi oleh adat atau budaya kedua keluarga pengantin. Bisa juga konsep ini diambil sesuai dengan konsep kekinian seperti simple  rustic, konsep modern, konsep pernikahan islami dan lainnya. Konsep ini juga akan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh kedua pihak pengantin. Agar lebih murah dan mendapatkan harga diskon, kita bisa sengaja memilih paket harga mulai dari rias pengantin, sewa gaun pernikahan hingga dekorasi pernikahan ini. Paket yang sudah termasuk dengan dekorasi biasanya memiliki potongan harga yang cukup besar hingga 20%. Menarik bukan buat para calon pengantin yang ingin menghemat budget pernikahan.

5.        JASA SEWA TENDA DAN KURSI
Banyaknya kebutuhan tenda dan kursi untuk resepsi pernikahan ini juga ditentukan oleh besaran tamu yang diundang. Kita bisa menghemat dan mengantisipasi jumlah kursi yang disewa dengan konsep pesta prasmanan. Konsep prasmanan atau standing party tidak membutuhkan banyak jumlah kursi tentunya apalagi tamu dibuat dua kloter.

6.       JASA PHOTOGRAPHY
Hampir semua komponen vendor pernikahan sangat penting untuk dipilih yang terbaik. Khususnya dalam hal jasa photography ini sebab kita bisa mengenang prosesi pernikahan melalui dokumentasi yang ada. Jasa photography pernikahan ini bisa direquest termasuk pembuatan video cinema sekaligus apabila kalian memiliki cukup anggaran. Jasa Photography juga bisa disewa sekaligus dengan paket rias pengantin dan dekorasinya. Jika kamu punya kenalan manfaat untuk dapat harga khusus yang lebih murah.

7.       VENDOR SOUVENIR PERNIKAHAN
Penyedia souvenir pernikahan juga sebaiknya dihubungi setidaknya tiga bulan sebelum acara pernikahan. Sebab pihak vendor juga membutuhkan cukup waktu untuk produksi dan pengemasan. Pilih vendor penyedia souvenir pernikahan yang sudah menyertakan kemasan beserta kartu ucapan atau thanks card nya. Penyedia souvenir pernikahan murah, unik dan bermanfaat seperti HAIMUNA SOUVENIR bisa menjadi referensi dan pilihanmu. Sebab, konsep souvenir dibuat lengkap dengan all include (sudah termasuk semua fasilitas kemas, tali pita dan thanks card). Untuk souvenir pernikahan kenapa perlu selektif dalam memilih?. Tentu agar souvenir yang sudah kita berikan kepada para tamu bisa memberi nilai guna dan manfaat jangka panjang sehingga tidak mubadzir.

8.       VENDOR UNDANGAN PERNIKAHAN
Jasa cetak undangan ini bisa dihubungi segera setelah waktu pernikahan ditentukan. Undangan pernikahan juga bisa dibuat sedemikian rupa sesuai dengan budget atau anggaran. Undangan pernikahan saat ini juga sudah banyak yang berupa digital seperti video dan animasi. Ada juga yang berupa undangan online dalam bentuk web atau link. Tentukan budget undanganmu dan sesuaikan dengan konsep yang kamu inginkan.

9.        JASA HIBURAN
Hiburan dalam sebuah rangkaian resepsi pernikahan sifatnya tidak wajib sebab masih ada banyak komponen penting yang harus ada. Nah, jika kalian ingin suasana pernikahan lebih meriah dan tidak sepi masukkan jasa hiburan berupa band atau group musik. Mereka akan membantu membuat hidup lebih hidup dan juga meramaikan nuansa resepsimu.

10.    MC AKAD DAN RESEPSI
MC atau pembawa acara bisa dibilang sebagai ujung tombak keberhasilan sebuah rangkaian even. Nah pembawa acara setidaknya ada dua yang kita butuhkan masing-masing untuk akad dan resepsi. Budget untuk MC ini bisa kalian pilih apakah akan menggunakan rekanan dengan harga relasi. Atau juga bisa menggunakan MC profesional yang tentu memiliki angka budget yang lumayan. MC pernikahan akan disediakan satu paket dengan jasa gedung pernikahan dan kalian bisa mempertimbangkan nya. Sebab harga paket ini akan lebih terjangkau dibandingkan kita menyewa masing-masing jasa tersebut secara terpisah.

Baiklah, sepertinya sudah lengkap dan jelas apa saja vendor yang kalian butuhkan untuk mengadakan pesta pernikahan. Buat list vendor pernikahan dengan bijak, dan pilih vendor tersebut dengan survey dan mencari rekomendasi dari kenalanmu ya. Vendor dari rekomendasi ini biasanya lebih bagus karena sudah ada yang merasakan kualitas pelayanan nya.